PEKERJAAN GROUNDING SYSTEM, GROUNDING PERALATAN DAN LIGHTNING SYSTEM.

13.11.1 Umum.

Ketiga jenis pekerjaan diatas sangat erat kaitannya dengan kondisi dan jenis tanah oleh karena itu baik buruknya hasil pekerjaan ini sangat ditentukan oleh tahanan jenis tanah (earth resistivity) setempat, yang mana bisa didapat dari hasil pengukuran geo-elektrik atau memperkirakan besarannya berdasarkan earth resistivity table dari standar yang dipublikasikan oleh IEEE.

Pekerjaan Grounding (Earthing) untuk ketiga sistem ini berkaitan dengan keamanan peralatan, dan yang lebih penting lagi untuk keamanan dan keselamatan personil.

13.11.2 Pekerjaan Grounding System

Pekerjaan Grounding System dimaksud adalah pekerjan yang berkaitan dengan keamanan/ pengamanan terhadap peralatan, dimana system grounding disini adalah bagaimana menentukan jenis pentanahan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan system, pentanahan disini adalah menentukan hubungan antara titik bintang pada Generator dan Transformator terhadap tanah.

Jenis hubungan pentanahan yang digunakan pada proyek ini ada 2 (dua) jenis, yaitu: pentanahan langsung atau yang disebut Solid Grounded dan pentanahan menggunakan Resistance yang disebut Netral Grounding Resistance (NGR) Netral Grounding Resistance digunakan untuk menghubungkan titik bintang Generator dengan tanah (elektroda pentanahan) dan titik bintang sisi 20 kV Transformator Distribusi (Town Feeder Transformator), sedangkan Solid Grounded digunakan untuk menghubungkan titik bintang sisi 70 kV dari Generator Transformer (GT) unit 3 dan juga digunakan untuk titik bintang sisi tegangan rendah (TR) pada Unit Auxiliary Transformer unit 3.

13.11.3 Pekerjaan Grounding Peralatan

Pekerjaan Grounding Peralatan dimaksud adalah pekerjaan yang berkaitan dengan keamanan/pengamanan terhadap pesonil agar dalam pengoperasian peralatan atau berada didalam area peralatan tidak mengalami shock yang diakibatkan terjadinya Tegangan Langkah, Tegangan Sentuh maupun Tegangan Pindah.

Tegangan Langkah, Tegangan Sentuh maupun Tegangan Pindah akan terjadi apabila terjadi hubung singkat antara tegangan listrik terhadap tanah. Untuk menghindari akibat yang fatal apabila personil menghadapi ketiga tegangan dimaksud diatas (arus mengalir didalam tubuh x tahanan dari tubuh yang dilalui arus), maka dibuatlah suatu system pentanahan yang dapat menyegerakan arus tersebut mengalir segera ke tanah dengan jalan membuat tahanan tanah sekecil mungkin.

Banyak metode yang digunakan didalam mengatasi hal tersebut diatas (membuat tahanan tanah sekecil mungkin), namun yang digunakan dalam proyek ini menggunakan gabungan dari Grid/ Mesh dengan Ground Rod.

13.11.4 Pekerjaan Lightning System

Pekerjaan Lightning System dimaksud adalah pekerjaan yang berkaitan dengan menyegerakan mengalirnya arus petir yang menyambar peralatan ke tanah, namun mengingat peralatan tidak diperkenankan mengalami sambaran langsung, maka sambaran petir yang terjadi harus melalui peralatan yang dirancang untuk mampu terkena sambaran petir dan alat tersebut dikenal dengan nama elektroda batang penangkal petir yang disebut lightning mast dan selanjutnya dari electrode ini diteruskan ke tanah melalui konduktor dan Grounding Rod.

Tempat/ lokasi pemasangannya dan jumlah lightning mast maupun Grounding Rod (besar nilai tahanannya).harus disesuaikan dengan peraturan yan berlaku dan didasari oleh perhitungan yang tepat dengan memperhatikan hal-hal sbb:

Jumlah hari guruh per tahun atau "Iso Keraunic Level" (IKL) setempat.

Karakteristik petir setempat.

Dapat melindungi/ melingkupi kawasan building atau peralatan sesuai ketentuan yang berlaku, dll

13.11.5 Lokasi/ Area yang harus dipasang system Grounding maupun Lightning

Untuk pemasangan System Grounding meliputi daerah Substation, Power house, Boiler Area, Control Building, Stack, Rumah Diesel, Pump House, Water Treatment Plant, Administration Building, dll

Untuk pemasangan Lightning System adalah Peralatan atau Gedung (Building) yang dikatagorikan Tinggi atau Tertinggi, karena secara teoritis fasilitas seperti ini yang akan mengalami gangguan/ sambaran petir terlebih dahulu dibandingkan peralatan atau gedung yang lebih rendah, Gedung (Bangunan-bangunan) khusus atau jauh terpisah dari Gedung yang tinggi, dimana peralatan atau Gedung yang dikatagorikan tinggi adalah Stack (Chimney), Boiler, Power house, Substation, Pump house, Water Treatment Plant, Administration Building, dll. Dimana secara khusus dilakukan sesuai dengan design engineering berdasarkan kontrak.

13.11.6 Persyaratan Pemasangan peralatan Grounding System

Persyaratan pemasangan peralatan Grounding System diantaranya adalah:
1. Material yang digunakan/ terpasang harus sesuai dengan design engineering dengan kriteria design yang telah disesuaikan dengan kondisi setempat (kondisi tanah, kondisi/ karakteristik Petir, Batasan Arus hubung singkat yang sudah diperhitungkan, dll).
2. Peralatan yang terpasang harus mampu terhadap kekuatan mekanik maupun termis yang akan dipikulnya.
3. Cara pemasangannya harus kokoh, sehingga tidak mudah terlepas dari rangkaiannya (tidak mudah putus), dll serta dilakukan sesuai design yang telah ditentukan.
4. Hasil dari tahanan tanah setelah dilakukan pengukuran dan pengetesan harus sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku

Artikel Terkait