PEKERJAAN BUILDING LIGHTING DAN STREET LIGHTING

13.10.1 Umum.

Penerangan didalam segala aktivitas sangat diperlukan, terlebih lagi didalam kegiatan pengoperasian Pusat Pembangkit, namun demikian bukan hanya penerangan saja yang dibutuhkan tetapi juga kualitas penerangan itu juga harus sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini kualitas penerangan diwakili oleh yang disebut Kuat Penerangan (E=Lux).

Kebutuhan Kuat Penerangan antara satu tempat/ruang dengan tempat/ruang lainnya berbeda, demikian pula jenis lampu yang digunakan juga berbeda satu sama lainnya.

Sebagai contoh kuat penerangan maupun jenis lampunya untuk ruang laboratorium akan berbeda dengan ruang bengkel, demikian pula antara ruang tertutup dengan ruang terbuka (lampu taman, lampu jalan).

Selain kebutuhan penerangan, juga dibutuhkan pula sumber tegangan siap pakai yang biasa disebut Stop Kontak, dimana stop kontak yang dipasang terdiri dari stop kontak 1 (satu) Phasa dan pada tempat-tempat tertentu harus dipasang pula Stop kontak 3 (Tiga) phasa. Sistem tegangan yang digunakan pada instalasi di proyek ini adalah 220/ 380 Volt atau 230/ 400 Volt.

13.10.2 Lokasi Pemasangan Penerangan dan Persyaratannya.
Adapun lokasi pekerjaan pemasangan/ konstruksi Instalasi lampu penerangan terdiri dan: Substation 70 kV, Control building, Administration building, Water Treatment Building, dll. Sedangkan untuk Instalasi diluar ruangan adalah pemasangan lampu penerangan jalan yang berlokasi sepanjang jalan dari jalan masuk utama sampai dengan kelokasi pelabuhan, termasuk juga jalan-jalan lainnya.

Selain lampu penerangan jalan di lokasi-lokasi tertentu dipasang lampu taman untuk halaman switchyard, dll, demikian pula untuk tempat-tempat tertentu dipasang lampu sorot seperti di switchyard, stack (Chimney), dan daerah-daerah lain yang memerlukan penerangan jenis lampu sorot. Perlu diperhatikan untuk lampu-lampu yang berlokasi diluar ruangan harus diproteksi atau dilindungi dari hujan dan panas.

Secara umum untuk kuat penerangan yang dibutuhkan maupun type /spesifikasi lampu yang dibutuhkan harus sesuai dengan lokasi pemasangan lampu penerangan dengan mengacu pada spesifikasi design engineering yang mengacu pada kontrak.

Artikel Terkait