SUPERVISI PEKERJAAN ROTATING EQUIPMENT PLTU

12.5.1. Standar

Prosedur rotating equipment ini meliputi instalasi,leveling, alignment untuk seluruh peralatan yang berputar (pompa, compresor dan auxiliary equipment) dan pekerjaan grouting. Peralatan yang berputar yang mempunyai kecepatan putar dan kecepatan hisap yang spesiifik harus di rekomendasikan dengan standar dan seluruh material itu di identifikasikan dengan nomor standars konstruksi.

Kode dan Standar :

AISI : American Iron and Steel Institute

ANSI : American National Standars Institute.

ASME : American Society of Mechanical Engineer.

ASTM : American Society for Testing and Materials

API : American Petroleum Institute.

HIS : Hydraulic Institute Standars.

AWWA : American Water Work Association.

12.5.2. Pemasangan

Persiapan pada pondasi antara lain : dimensi, posisi dan tinggi, kondisi pondasi dan kekuatannya dan ukuran anchor bolt. Posisi anchor-bolt disesuaikan dengan gambar peralatan dan menunjukan dimensi, permukaan pondasi tidak boleh menonjol,dan kondisi mur serta baut harus di beri grease agar lebih smooth.

Pemasangan peralatan dilakukan sesuai dengan spesifikasi dan prosedur pengambilan tindakan pencegahan yang harus dilakukan agar tidak merusak pondasi, anchor-bolt serta tidak merubah posisi peralatan.

Leveling mengikuti level pada permukaan mesin, terhadap base plate atau pada suction flange, discharge flange, dan nozel-nozel pada peralatan. Grouting dilakukan harus sesuai prosedur dan spesifikasi S-350 (grout work).

Artikel Terkait