PEKERJAAN DC SUPPLY, EMERGENCY POWER SUPPLY DAN EMERGENCY DIESEL GENERATOR.

13.9.1 Umum.

Direct Current (DC) Supply didalam peralatan ini sangat vital perannya didalam System Kelistrikan baik di System Transmisi terlebih lagi pada System Pembangkitan, karena DC supply diperlukan untuk peralatan-peralatan yang digunakan untuk mengoperasikan System Ptoteksi, System Control, System Scada, System Telekomunikasi, Motor-motor khusus, dll.

Emergency Power Supply adalah peralatan lebih sangat vital lagi perannya didalam System Kelistrikan baik di System Transmisi terlebih lagi pada System Pembangkitan, karena peralatan ini harus dapat memberikan Power Supply kepada peralatan-peralatan yang tidak boleh kehilangan supply sampai dengan batas tertentu, misalkan Peralatan Control, Penerangan, dll. Dalam hal ini dapat dibayangkan apabila Emergency Power Supply tidak ada, maka apabila terjadi gangguan akan dapat menghentikan aktivitas pengontrolan dan juga dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal dari peralatan- peralatan yang tidak boleh berhenti dengan mendadak.

Emergency Diesel Generator adalah peralatan Pembangkit Tenaga Listrik yang bertujuan untuk segara dapat membantu atau menggantikan fungsi dari auxiliary Transformer untuk segera memberikan supply pada Essential Panel yang merupakan panel yang mensupply/Memasok peralatan-pealatan penting, selain itu dengan adanya Diesel Generator ini, maka akan lebih banyak lagi peralatan-peralatan yang dapat dioperasikan dan juga sekaligus dapat kembali dilakukan pemulihan beroperasinya unit pembangkit yang terganggu.

13.9.2 Bagian-Bagian dari Peralatan.

1. DC Power Supply, memiliki seperangkat peralatan terdiri dari:

· AC Power Supply adalah peralatan yang merupakan panel listrik low voltage yang berfungsi mensupply sumber listrik AC ke peralatan pengubah AC menjadi DC.

· Rectifier System adalah peralatan pengubah sumber Listrik AC (Alternating Current) menjadi Sumber Listrik DC (Direct Current), yang selanjutnya digunakan untuk mengisi peralatan penyimpan Tenaga Listrik DC Battery), rectifier system biasanya ditempatkan dalam panel yang disebut Panel Rectifier (penyearah).

· Battery Unit adalah seperangkat peralatan yang menghasilkan energi Listrik DC dengan menggunakan proses secara kimia, dimana sumber DC yang dibangkitkan terbatas dengan adanya waktu dan besarnya pemakaian, sehingga untuk itu diperlukan peralatan tersebut pada butir 2 (dua) diatas untuk mengisinya kembali, selain itu dari peralatan ini diteruskan ke Panel yang disebut DC Power Supply.

· DC Power Supply adalah panel pembagi untuk kebutuhan sumber DC pada berbagai perlatan yang membutuhkannya diantaranya, peralatan control,

· proteksi, telekomunikasi, Scada, pompa-pompa, dll.Sedangkan sumber energinya diperoleh dari rectifier (butir 2).

2. Emergency Power Supply adalah peralatan electronic yang mengubah DC ke AC, dimana peralatan ini mendapatkan sumber listrik dari AC system dan DC System (Beroperasi Interlock), dari sumber AC yang dibangkitkan, maka dapatlah dipasok keperalatan-peralatan emergency (melalui panel emergency).

3. Emergency Diesel Generator adalah peralatan pembangkitan berskala kecil yang berfungsi sesuai namanya adalah peralatan power supply yang digunakan dikala kondisi darurat (Emergency), dimana peralatan ini terdiri dari mesin penggerak (Prime Mover) yang menggunakan Mesin Diesel dengan bahan bakarnya disupply/dipasok dari Tanki Bahan Bakar Minyak Diesel/ Solar dan digunakan untuk menggerakkan Generator, selanjutnya diteruskan ke panel Assential (peralatan-peralatan penting/pilihan), dimana untuk pemasangannya harus memenuhi standar yang berlaku, baik dari kekuatan daya dukung pondasinya sampai dengan perakaitan peralatan Mesin dan Generatornya agar mengikuti ketentuan yaqng berlaku dan juga mengacu kepada Manual Pabrik.

Artikel Terkait