SUPERVISI PEKERJAAN OVERHEAD TRAVELLING CRANE

12.7.1 Standar

Over head traveling crane di Pemasangan di dalam ruangan Turbin, pekerjaan ini meliputi pemasangan Structural, Mechanical Part Crane, double Girder, Trolley, Hoist and Bridge Travel Desain, Manufaktur dan Pengetesan alat ini di sesuaikan dengan kode dan standar dan spesifikasi di bawah ini :

AISE : Association of Iron and Steel Engineers.

AISI : American of Iron and Steel Institute.

ASTM : American Society for Testing and Material.

NEC : National Electric Code, USA.

NAME : National Electrical Manufacturers Association Inc USA.

SSPC : Structural Steel Painting Council.

CMAA Spec .70 : Specification for Electrical Over Head Travelling Crane.

ANSI B30.2.0 : Safety Standar for Over Head and Gantry Cranes (Top Running

Bridges, Multiple Grider).

AWS D1.1 : Structure Welding Code.

AISC : Specification for the Design, fabrication Erection Structural Steel for building.

OSHA Standar : Part 1910 General Industry Standar.

Pengelasan struktur dilaksanakan mengikuti procedure pengelasan disesuaikan dengan AWS D1 atau ASME sec 1X.

12.7.2 Inspeksi dan Pengetesan

12.7.2.1 Inspeksi Umum

Sebelum melakukan tes, dilakukan inspeksi terlebih dahulu meliputi pengukuran spanrel, bagian-bagian mekanikal (flens roda gigi, rem dan motor), pelumasan dan peralatan elektrikal,dan kemudian hasil dan pengecekan tersebut di catat pada format yang sudah disediakan.

12.7.2.2 Pengetesan Tanpa beban

Pengetesan tanpa beban ini adalah pengetesan dengan menggerakkan hoist naik turun dan sebalik nya,menggerakkan trolley kekiri dan kekanan dan sebaliknya, dan untuk travel crane dengan menggerakkan crane maju mundur.

12.7.2.3 Pengetesan 100 % beban

Pengetesan beban di lakukan untuk beban 20 ton, dan 75 Ton. Beban dinaikkan secara bertahap dengan interval ketinggian tertentu (misal nya 1,2,4 dan 8 feet) kemudian gerakkan hoist keatas kebawah, trolley melintang dan crane memanjang. Kemudian beban di turunkan dan di hentikan, di tahan dengan cara mengaktifkan rem hoist. Ketika terbebani, periksa defleksi girder dgn mengukur

Ketinggian tengah masing-masing girder, demikian juga dengan pengukuran tanpa beban, perbedaan antara kedua pengukuran tersebut merupakan defleksi. Toleransi defleksi di perbolehkan 1/1000 dan span Girder.

12.7.2.4 Pengetesan Beban Lebih

Pengetesan di lakukan secara statis dengan beban 125 % dari beban aman atau sebesar 93,75 ton, kemudian beban diangkat agar terbebas dari tanah dan ditahan selama 10 Menit. Hasil dan Inspeksi dan pengetesan ini di catat pada formulir.

Artikel Terkait