TEORI, DEFINISI, DAN PENGERTIAN BIAYA AKUNTANSI

Pengertian biaya dalam akuntansi biaya mengandung makna yang sangat penting. Berikut ini akan dijelaskan beberapa pengertian biaya tersebut.
Hansen & Mowen (2003: 34) menyatakan bahwa: Cost is the cash or cash equivalent value safrifaced   for goods and services that is expected to bring a current or future benefit to the organization
Henry Simamora (1999: 36) menjelaskan pengertian biaya dan istilah beban yang sering digunakan dalam akuntansi sebagai berikut:
Biaya (cost) adalah kas atau nilai setara kas yang dikorbankan untuk barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat pada saat ini atau dimasa mendatang bagi organisasi. Disebut setara   kas (cash equivalent) karena sumber sumber   non kas dapat ditukarkan dengan barang atau jasa   yang dikehendaki.

 Sedangkan  beban  (expense)    adalah  biaya  terpakai  (expired cost).

Menurut Mulyadi (2002: 8): “Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu.”.   Dari definisi ini, ada empat unsur pokok dalam biaya, yaitu:
1)  Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi

2)  Diukur dalam satuan uang

3)  Yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi

4)  Pengorbanan  tersebut  untuk  memperoleh  manfaat     saat  ini  dan/atau mendatang
Dengan demikian, biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dengan satuan uang,   untuk memperoleh barang atau jasa   yang diharapkan memberikan  manfaat saat ini maupun akan datang. Pengorbanan sumber ekonomis tersebut bisa   merupakan biaya historis   dan   biaya masa yang akan datang. Sedangkan dalam arti sempit biaya dapat diartikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva atau secara tidak langsung untuk memperoleh penghasilan, disebut dengan harga pokok.

Artikel Terkait